Kualitas guru merupakan salah satu faktor yang menentukan  baik  buruknya kualitas Pendidikan. Guru sebagai ujung tombak Pendidikan karena berinteraksi langsung dengan peserta didik dalam proses pembelajaran.  Ada empat kompetensi guru yaitu kepribadian, pedagogi, sosial dan profesionalisme.

Sebagai salah satu Upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru yaitu dengan supervisi. “Supervisi  dilakukan dengan  tujuan memberi layanan kepada para pendidik secara individual maupun secara kelompok dalam memperbaiki pengajaran, mengembangkan situasi belajar mengajar yang lebih baik” kata Sri Utami selaku Kepala Madrasah.

Teknik  supervisi yang digunakan adalah observasi kelas yang terdiri dari tiga tahapan yaitu pertemuan awal, pelaksanaan, dan pertemuan balikan.  

Kepala MIN 1 Sidoarjo melakukan supervisi kepada Tasrifah, M.Pd.I ( guru Akidah Akhlak), pada hari Rabu, 5 Pebruari 2025 pukul 12.30 – 13.40 WIB. Pada pertemuan awal, guru tersebut telah menyampaikan perangkat  supervisi   yang sesuai dengan instrumen supervisi. Kepala madrasah berdiskusi dengan rencana pembelajaran( modul ajar)  yang  akan dilaksanakan oleh guru dan memberi masukan agar dapat mengimplementasikan  pembelajaran aktif  diantaranya dengan menerapkan model pembelajaran  Discovery Learning, Inquiry Learning, Problem Based Learning atau Project Based Learning. Tahap kedua yaitu Pelaksanaan supervisi , kepala madrasah mengamati proses pembelajaran yang berlangsung mulai awal hingga akhir. “Proses pembelajaran berlangsung aktif, anak-anak menikmatinya dengan senang, terutama saat diskusi dalam menyelesaikan masalah” kata Sri Utami . Pertemuan ketiga yaitu pertemuan balikan , guru menyampaikan kepada kepala madrasah pengalaman  pembelajaran di kelas . Pada tahap ini harus diciptakan suasana yang nyaman sehingga seorang guru dapat menjelaskan kekurangannya  dan kepala madrasah memberikan umpan balik yang selanjutnya akan menjadi program tindak lanjut. Dengan pendampingan dan bimbingan yang berkelanjutan diharapkan dapat meningkatkan kualitas guru, sehingga kualitas Pendidikan juga akan meningkat.

Foto. Ibu kepala madrasah memberikan Umpan balik dari hasil supervisi